kisah pilu umat muslim rohingya myanmar ini penyebab permasalahannya

Pendritaan umat muslim di Rohingya masih saja terjadi. Pemerintahan Myanmar baru saja mengirim para pasukannya ke provinsi Rakhine. Banyak sekali korban meninggal dunia di kampong-kampung etnis Rohingya.

Konflik berkepanjangan ini masih saja terus berlanjut antara umat buddha yang mendominasi negara myanmara karena mayoritas penduduk Myanmar adalah agama budha sedangkan umat islam bisa di bilang minoritas.
Hal ini menyebabkan puluhan ribu warga terlunta2 mengungsi ke negara tetangga termasuk ke Indonesia.

Di Myanmar, Rohingya adalah etnis yang tidak di akui sebagai kewarganegaraannya, sehingga mereka mengalami kesulitan atas segalanya, dari minimnya akses kesehatan, pendidikan ataupun tempat tinggal yang layak di huni.

Banyak para netizen yang masih bertanya sebenarnya apa yang terjadi dari permasalahan di myanmar ini apakah konflikk ini hanya karena agama semata ? atau ada factor lain?
Banyak pendapat bahwa konflikk di Rohingya ini yaitu masalah agamasedangkan pendapat dari kepala bidangpenelitian di south asia democtratic forum, siegfrid o wolf, sebenarya ini lebih ke krisis pada politis dan ekonomi.

Di segi demografis, penduduk Rohingya ini adalah sekelompok yang menganut agama islam yang jumlahnya kurang lebih satu juta jiwa yang tinggal di negara bagian rekhine. Wilayah ini juga di tempati penduduk yang mayotitas beragama budha.

Wilayah Rakhine memiliki kekayaan alam yang luar biasa, namun hal ini menjadi timpang karena kenyataannya tingkkat kemisikinan di wilayah ini sangatlah tinggi.

Penduduk Rohingya ini merasa telah di diskriminasi dari segi budaya maupun tereksploitasi dari segi ekonomi dan juga disingkirkkan secara politis oleh pemerintah pusat yang di dominasi oleh etnis Burma. Etnis Rohingya di anggap sebagai anccaman das sebagai pesaing bagi identitas mereka. Sehingga inilah menjadi penyebab utama dari permasalahan itu.

jadi intinya permasalahan ini bukan hanya karena agama, namun di dorong olih factor politis dan ekonomis.

beredarnya foto-foto di medsos menjadi penarik simpati penganut muslim di seluruh dunia, dari segi dan dan bantuanpun telah di kirimkan terhadap para pengungsi di rakhine tersebut.


23 november 2016.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia di adakan program 1 suami 2 istri setuju tidak?

Clash Of Clans Kini Bisa War Dengan Clan Teman

2 cara nonton video cewek lagi live